al barkasi

SUGENG RAWUH ing AL BARKASI

Sabtu, 04 Mei 2013

“ FILSAFAT PENDIDIKAN FERSI AL QUR’AN ”


TUGAS MATA KULIAH
BAHSUL KUTUB. III
Dosen Pengampu :
H. Nurrohman FZ., B.Ed., MA.
  
Disusun oleh :
     1.      MUADHOM
   2.      A. KHARIS
       3.      MUALLIFAH
                                       4.      EMA WIJAYANTI
                                    5.      NUR HIDAYAH
                                             6.      SITI RACHMAWATI




FAKULTAS TARBIYAH SEMESTER  V  NR. PROGRAM S.1.
INSTITUT ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
2011
A.  Pendahuluan

      Al-Qur’an merupakan sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia dengan bahasanya yang lemah lembut, balaghoh yang indah, sehingga al-Qur’an membawa dimensi baru terhadap pendidikan dan berusaha mengajak para ilmuwan untuk menggali maksud kandungannya agar manusia lebih dekat  kepada-Nya.
           Petunjuk pendidikan dalam al-Qur’an tidak terhimpun dalam kesatuan pragmen tetapi ia diungkapkan dalam berbagai ayat dan surat al-Qur’an, sehingga untuk menjelaskannya perlu melalui tema-tema pembahasan yang relevan dan ayat-ayat yang memberikan informasi-informasi pendidikan yang dimaksud.
Al-Qur’an mengintroduksikan dirinya sebagai pemberi petunjuk atau arah, jalan yang lurus mencapai kebahagiaan bagi manusia, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 16:
يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَه ُُ سُبُلَ السَّلاَمِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِه ِِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاط ٍ مُسْتَقِيم

Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.”.








فلسفة التر بية القرانية
       قد يستغرب البعض منكم حين يسمعنى أقول إن القران الكريم هو للمسلم أعظم كتاب فى فلسفة التربية والتعليم . أجل , إ نهم لم يألفوا هذه الفكرة من قبل ولم يخالجهم أي إحتمال من هذا القبيل . فمعظمنا قد قرأ القران كله أو بعضه فى المدرسة الابتدائية والسنوات الأولى من الدرا سة الثا نوية  ثم والدعه لغير عودة اليه .  هذا هو حال الأ كثرية من المثقفين  الذين يدعون بالمسلمين . فإ نهم لم يقرأوا القران  إلا فى الدراسة الأ ولى بدون تفهم كاف لمعا نيه أو إحاطة وافية بمحتوياته .  وفى الحقيقة أن القران الكريم هو كنز عظيم من كنوز الثقافة النسانية ولا سيما الروحية منها . وهو أول ما يكون كتا ب تربية وتهذيب على وجه العموم , وكتا ب تربية إجتماعية وأخلا قية  ورو حية على وجه الحصوص .                                                                                   إذا كانت الفلسفة تعنى بدرس بدايات الأمور ونهايا تها , وبدرس العلا قات والإرتباطات بين الإنسان وأخيه الا نسان , وبين الا انسان والكون , وبين الا نسان  وخالق الكون , ففلسفة القران الكريم تشمل كل ذلك . واذا كانت التربية تعنى بتنشئة الفرد ونموه فى الخنس البشرى فالقران الكريم يعنى بتربية الموجودات كلها بما فى ذالك تربية الا نسان , وحين نكرر يوميا ( الحمد لله رب العالمين ) فعبارة ( رب العالمين ) تعنى ( مربى العالمين ). فإشتقاق ( رب ) ( وربى ) من اصل واحد . فالله سبحانه وتعالى هو المربى الاعظم فى الكون وليس مربى الا نسان فحسب بل مربى الخليقة كلها , فالقران الكريم يعالج نشوء الخليقة كلها ونشوء الانسان وطبيعة الانسان ويؤكد وجود النظام فى الطبيعة وفى المجتمع . ويؤكد ما يتطلبه كل ذلك من أهداف تربوية ولاسيما فى حقل تهذ يب النفس وتنظيم السلوك . وفلسفة القران التربوية تمتاز بالشمول وبالتوحيد كما تتضمن التطور والتغيير .#                                                                                                    
B.   Terjemah    
“ FILSAFAT PENDIDIKAN FERSI AL QUR’AN ”
Terkadang sebagian dari kamu merasa aneh ketika di suruh mendengarkan perkataankuku, Bahwa  sesungguhnya Al Qur’an ulkarim bagi orang islam itu  merupakan kitab yang luar biasa di dalam Filsafat pendidikan dan pembelajran. Benar ja,,, karana,,Sesungguhnya Orang-orang islam  belum terbiasa mengembangkan pemikiran ini sebelunya dan tidak mau mengembangkan pikirannya di berbagai upaya untuk menerima pemikiran ini, . sebagian besar dari kita telah membaca seluruh atau sebagian isi Al Qur,an di madrasah ibtidaiyyah dan tahun-tahun pertama dari pelajaran di sanawiyyah, kemudian kita meninggalkan Al Qur,an tanpa kembali lagi membacanya. inilah kondisi kebanyakan budaya orang yang di  klaim sebagai orang islam. Sebenarnya mereka itu tidak pernah membaca Al Qur’an kecuali pada awal pembelajarannya, itupun tanpa pemahaman yang cukup terhadap  makna-makna  yang terkandung dalam AlQur’an atau penguasaan yang sempurna, yang terkandun g di dalamnya, . Pada hakikatnya sesungguhnya Al Qur’an merupakan simpanan(sumber kekayaan )yang agung dari beberapa simpanan kebudayaan manusia, Lebih - lebih  menjiwai kebudayaan rokhani,(jiwa) tersebut. Keberadaan  Al Qur’an  merupakan permulaan sebuah kitab tentang pendidikan dan mengajarkan pembinaan ahlaq secara  umumnya(global), Dan Al Qur’an kitab yang mendidik hidup bersosial dan berahlaq(etika) dan mendidik jwa (estitika) pada khususnya.
Ketika Filsafat itu di kehendaki( di arahkan) untuk mempelajari permulaan dan penghabisan dari suatu perkara, dan memepelajari hubungan kaitan antara manusia dan saudara-saudaranya, antara manusia dan alam, antara manusia dan yang menjadikan alam( tuhan), maka filsafat AlQur’an mencakup semua itu. ketika pendidikan di arahkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi setiap individu dari klompok  masarakat, maka alQur’an di arahkan untuk mendidik segala yang nampak  demikian termasuk dalam mendidik manusia, Dan di kala setiap hari kita mengulang-ulang الحمد لله رب العالمين (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam) keterangan dari “ رب العالمين ,( Tuhan semesta alam ) yang di maksud adalah “مربي العالمين ( Tuhan yang mendidik seluruh semests alam). Asal kata “ربdanوربيberasal dari satu kalimat. Maka Allh SWT adalah dzat pendidik yang agung di alam ini, dan Allah tidak hanya mendidik manusia saja, tetapi Allah mendidik seluruh mahluk. Al Qur’an Al Karim juga meluruskan aktifitas seluruh mahluk, dan aktifitas manusia, meluruskan karakter manusia, dan memperkokoh eksistensi peraturan dalam kepripribadian diri manusia dan masarakat. Al Qur’an juga memperkokoh segala yang di cari ( tekankan) seperti ini dari sisi  pendidikan, lebih - lebih didalam bidang pembinaan mental dan mengatur prilaku( aktifitas). Filsafat Al Qur’an  yang berpola pendidikanan dapat  memebedakan yang mencakup segala urusan(multi dimensi) dan mencakup tentang keesaan tuhan (mono isme,), seperti mengandung pula ketentuan(kepastian) dan perubahan. ##.

C.      
Merujuk kepada informasi al-Qur’an pendidikan mencakup segala aspek jagat raya ini, bukan hanya terbatas pada manusia semata, yakni dengan menempatkan Allah sebagai Pendidik Yang Maha Agung. Konsep pendidikan al-Qur’an sejalan dengan konsep pendidikan Islam yang dipresentasikan melalui kata tarbiyah, ta’lim dan ta’dib.
Tarbiyah berasal dari kata Robba, pada hakikatnya merujuk kepada Allah selaku Murabby (pendidik) sekalian alam. Kata Rabb (Tuhan) dan Murabby (pendidik) berasal dari akar kata seperti termuat dalam ayat al-Qur’an               :
وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرا ً
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil". (Q.S. Al-Israa:24).
Menurut Syed Naquib Al-Attas, al-tarbiyah mengandung pengertian mendidik, memelihara menjaga dan membina semua ciptaan-Nya termasuk manusia, binatang dan tumbuhan (Jalaluddin, 2003: 115). Sedangkan Samsul Nizar menjelaskan kata al-tarbiyah mengandung arti mengasuh, bertanggung jawab, memberi makan, mengembangkan, memelihara, membesarkan, menumbuhkan dan memproduksi baik yang mencakup kepada aspek jasmaniah maupun rohaniah (Samsul Nizar,2001,87)
           Kata Rabb di dalam Al-Qur’an diulang sebanyak 169 kali dan dihubungkan pada obyek-obyek yang sangat banyak. Kata Rabb ini juga sering dikaitkan dengan kata alam, sesuatu selain Tuhan. Pengkaitan kata Rabb dengan kata alam tersebut seperti pada surat Al-A’raf ayat 61 .                       :
قَالَ يَاقَوْمِ لَيْسَ بِي ضَلاَلَة ٌ وَلَكِنِّي رَسُول ٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ 
 “ Nuh menjawab: Hai kaumku, tak ada padaku kesesatan sedikitpun tetapi aku adalah utusan Tuhan semesta alam.”
 Pendidikan diistilahkan dengan  ta’dib, yang berasal dari kata kerja “addaba”  Kata al-ta’dib diartikan kepada proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan dan penyempurnaan akhlak atau budi pekerti peserta didik (Samsul Nizar, 2001: 90). Kata ta’dib tidak dijumpai langsung dalam al-Qur’an, tetapi pada tingkat operasional, pendidikan dapat dilihat pada praktek yang dilakukan oleh Rasulullah. Rasul sebagai pendidik agung dalam pandangan pendidikan Islam, sejalan dengan tujuan Allah mengutus beliau kepada manusia yaitu untuk menyempurnakan akhlak (Jalaluddin, 2003: 125). Allah juga menjelaskan, bahwa sesungguhnya Rasul adalah sebaik-baik contoh teladan bagi kamu sekalian.
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَة ٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرا
 “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”(Q.S. Al-Ahzab, 21)
 Selanjutnya Rasulullah Saw meneruskan wewenang dan tanggung jawab tersebut kepada kedua orang tua selaku pendidik kodrati. Dengan demikian status orang tua sebagai pendidik didasarkan atas tanggung jawab keagamaan, yaitu dalam bentuk kewajiban orang tua terhadap anak, mencakup memelihara dan membimbing anak, dan memberikan pendidikan akhlak kepada keluarga dan anak-anak.
Pendidikan disebut dengan ta’lim yang berasal dari kata ‘alama berkonotasi pembelajaran yaitu semacam proses transfer ilmu pengetahuan. Dalam kaitan pendidikan ta’lim dipahami sebagai proses bimbingan yang dititikberatkan pada aspek peningkatan intelektualitas peserta didik (Jalaluddin, 2003: 133). Proses pembelajaran ta’lim secara simbolis dinyatakan dalam informasi al-Qur’an ketika penciptaan Adam As oleh Allah Swt. Adam As sebagai cikal bakal dari makhluk berperadaban (manusia) menerima pemahaman tentang konsep ilmu pengetahuan langsung dari Allah Swt, sedang dirinya (Adam As) sama sekali kosong. Sebagaimana tertulis dalam surat al-Baqarah ayat 31 dan 32:
وَعَلَّمَ آدَمَ الأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلاَئِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَاؤُلاَء إِنْ كُنتُمْ صَادِقِينَ  “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar.”
قَالُوا سُبْحَانَكَ لاَ عِلْمَ لَنَا إِلاَّ مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيم      ُ
 “ Mereka menjawab, “Maha suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”
 Dari ketiga konsep diatas, terlihat hubungan antara tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Ketiga konsep tersebut menunjukkan hubungan teologis  (nilai tauhid) dan teleologis (tujuan) dalam pendidikan Islam sesuai al-Qur’an yaitu membentuk akhlak al-karimah.

D.Ayat-Ayat Al Qur’ang Yang Berhubungan Dengan Pendidikan
1.   Surat al-Baqarah ayat 129
ُ رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولا ً مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيم                                     
  “ Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab (Al-Qur’an) dan hikmah serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
2.   Surat al-Baqarah ayat 15
كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولا ً مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُواتَعْلَمُون                                                                 
        “Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu), Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu al-Kitab dan hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”
3.   Surat Luqman ayat 13
وَإِذْقَالَ لُقْمَانُ لِابْنِه ِِ وَهُوَ يَعِظُه ُُ يَابُنَيَّ لاَ تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيم
“Dan ingatlah ketika luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar.”
4.   Surat Luqman ayat 14
وَوَصَّيْنَا الإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّه ُُ وَهْنا ً عَلَى وَهْن ٍ وَفِصَالُه ُُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ                                                             
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang tua (ibu bapaknya); ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku, dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”



      E.Kesimpulan
Pendidikan Islam yang sejalan dengan konsep pendidikan menurut al-Qur’an terangkum dalam tiga konsep yaitu pendidikan tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Pendidikan dalam konsep tarbiyah lebih menerangkan pada manusia bahwa Allah memberikan pendidikan melalui utusan-Nya yaitu Rasulullah Saw dan selanjutnya Rasul menyampaikan kepada para ulama, kemudian para ulama menyampaikan kepada manusia. Sedangkan pendidikan dalam konsep ta’lim merupakan proses tranfer ilmu pengetahuan untuk meningkatkan intelektualitas peserta didik. Kemudian ta’dib merupakan proses mendidik yang lebih tertuju pada pembinaan akhlak peserta didik
Konsep pendidikan menurut al-Qur’an terangkum dalam ayat-ayat yang berhubungan dengan pendidikan di dalam Kitab al-Qur’an itu sendiri seperti pada ayat-ayat yang telah dijelaskan yaitu surat al-Baqarah ayat 31-34, 129, dan 151 menjelaskan tentang pelajaran yang diberikan Allah kepada Nabi Adam As, dan pokok-pokok pendidikan yang diberikan Rasul kepada umatnya. Surat Luqman ayat 13-14 berisi tentang konsep pendidikan utama yakni pendidikan orang tua terhadap anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar